Minggu, 15 Maret 2009

"KEMATIAN"

Takdir Allah yang bernama "mati", adalah sesuatu yang pasti akan terjadi. Kapan, dimana, dan pada siapapun, juga pada semua makhluk Allah yang bernyawa maupun yang tak bernyawa. Semuanya itu akan mengalami kemusnahan. Namun perlu juga kita ketahui bahwa yang namanya manusia, bukanlah sebatas tubuh jismaniyah semata. Sesungguhnya kita adalah makhluk ruhaniah yang dimasukkan kedalam cangkang atau wadah, yang dalam Qur'an disebut Basyar, lalu diturunkan kemuka bumi dan di tugaskan sebagai khaifatullah fil ard wakil Allah dimuka bumi. (QS:2:30). Dan kalau dikaitkan dengan bumi, khalifah juga berarti penguasa atau pengelola bumi. Yang bekerja dan membangun peradaban yang tentunya dilandasi dengan iman dan takwa pada Allah Sang Penguasa jagad raya.


Tetapi dengan segala kesombongan kita, tidak menyadari bahwa maut akan selalu menghadang dan menjemput kita. Kita merasa masih muda, gagah, tampan, cantik, sehingga kita larut dalam buain duniawi dan kenikmatan ragawi, dan merasa maut masih jauh dari kita. Padahal apa yang kita bangga-banggakan semuanya itu tidak ada artinya ketika sang Malakul maut Ijrail menjemput. (Yauma laa yanfa'u maalun wala banuun) tidak ada lagi manfaat harta maupun keturunan. Harta yang susah-susah kita cari, tidak lagi bermanfaat, anak yang kita bangga-banggakan sampai disekolahkan ke luar negri sekalipun, kalau kita mati semuanya tidak ada yang mau ikut. Kita mati hanya membawa Qalbu yang selamat. Untuk itu kita harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang!! Jangan pernah lagi terucap bahwa kita masih muda, masih gagah, sehingga semua itu membuat kita menjadi lupa diri akan datangnya kematian.

Iman kita kadang naik kadang turun. Jaddidu iimanakum, perbaharuilah selalu imanmu! Kayfa nujaddidu iimanana? Bagaimana cara memperbaharui iman kami? Aktsiru min qaul!! Perbanyaklah ucapan laailaha illallah (al-Hadits). Karena kita tidak tahu kapan kematian itu akan datang menjemput?. Karena juga mati tidak akan pandang bulu, apakah dia kaya, miskin, sehat, sakit, laki-laki atau perempuan, tua maupun muda, bahkan janin yang masih dalam kandungan pun bisa mati. Apakah kita tahu akan mati dengan khusnul khatimah atau su'ul khatimah? Untuk itu kita harus mempersiapkan diri dan bertaqwa selalu terjaga teringatkan akan Allah.

Kita hanya bisa berdo'a dan berharap agar jika ajal menjemput, Allah berikan kematian yang mudah dan indah. Tidak dengan cara yang susah dan menyakitkan.

wallahu 'alam bishawab.

salam

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger